Breaking News
recent

Black Hole? di Al-Qur'an ada kok

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

 
“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun,” (QS. Al Isra’: 44).

Gimana kabarnya akhi wa ukhti malam minggu ini? Semoga baik-baik saja sama seperti saya, hehehe.
Gimana nih? mau pergi kemana malmingan ini? yang punya pacar udah pada ngapel belum? Hhehehe, kalo saya mah stay on laptop ajah. Oke, sebelum pada pergi baca dulu artikel kali ini, dijamin pasti bakal nambah pengetahuan Anda semua. Pasti deh, bakal ketagihan, hehehe.

Kali ini saya akan share tentang "black hole"
Udah pada tahu apa itu black hole? ya pastilah, masak cuma black hole gak tahu, lubang hitam kan? udah tahu. Tapi apa pada tahu detail dari black hole? Tahukah kamu jika black hole itu ada di Al-Qur'an? Okelah mari kita bahas.


Black Hole adalah lubang hitam. Kenapa disebut lubang hitam? karena sebenarnya black hole tidak terlihat. Kalu tidak terlihat kok disebut hitam? mungkin karena di alam semesta kan gelap jadinya disebut hitam biar menyatu sama alam, hehehe. Black Hole bermula dari sebuah bintang yang sudah kehabisan energi dan akhirnya meledak, baaangggg. akhirnya jadilah black hole dengan kemampuan yang bahkan katanya bisa menyerap cahaya sekalipun, padahal kalian tahu kan berapa kecepatan cahaya? Subhanallah. Kali aja black holebisa buat magnet, bisa cepet kaya kita, hehehehe.

Tapi katanya Black Hole tidak terlihat a.k.a invisible, tapi kok bisa tahu? Para ilmuwan sepakat bahwablack hole itu tidak terlihat namun bergerakdengan cepat. Nah, kalu bergerak, kan pasti suatu saat bakal melewati bintang, di saat bintang itu melewati bintang maka bintang itu akan tertutup layaknya gerhana. Jangan tanya gerhana itu apa ya? hehehe becanda. Setidaknya itu yang dikatakan ilmuwan dari NASA.

Ada beberapa fakta dan angka dari Black Hole ini loh.

   Mengenai bobot, Black Hole seberat bumi hanya berdiameter <1 cm saja loh, Subhanallah. Mungkin karena sifat rakusnya itu kali, apa aja disedot, hahahah.
Kalau diameter satu cm  saja sudah seberat bumi, kalau ukuran sedangnya black hole berapa yah? 10 pangkat 31, itu jawaban para ilmuwan, Subhanallah. Itupun dengan diameter 30 km saja. Klau ada super black hole gimana yah? hiiiih, ngeri jadinya.

Lalu bagaimana dengan Al-Qur'an? Al-Qur'an memang sumber ilmu yang paling lengkap kalau saja kita bisa mengkajinya satu persatu. Allah swt. berfirman dalm QS. At-Takwir ayat 15-16.

"Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu"

Dalam ayat ini Allah swt. bersumpah dengan salah satu ciptaaanya yang memiliki tiga karakter, yaitu :
1.   Khunnas (الْخُنَّسِ) yang berarti tersembunyi a.k.a invisible/tak terlihat. Karenanya setan disebut juga
      Khannaas (الخناس). Cocok kan? invisible = khunnas.
2.   Al-Jawaar (الْجَوَارِ), artinya bergerak cepat dan sangat cepat. Ini karakter yang kedua moves.
3.   Al-Kunnas (الْكُنَّسِ), artinya menyapu dan menelan setiap yang ditemuinya. Sama dengan karakter blak hole
      vacum cleaner.

Para ulama tafsir klasik menjelaskan makna khunnas al jawaril kunnas adalah bintang yang cahayanya tidak muncul di siang hari dan muncul di malam hari. Namun ini hanya penafsiran bukan makna sesungguhnya. Penafsiran paling sesuai dengan realitas alam raya adalah black holes.
 
Barangkali hal ini juga yang diisyaratkan oleh Al-Quran, “Apabila matahari digulung,” (QS. At Takwir: 1).


Source : PENGETAHUAN INSPIRASIKU
Unknown

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.